Ads 468x60px

Nokia vs Sony Ericsson Vs Samsung


Pada kesempatan ini, ilmu-android akan mengulas tentang 3 vendor ponsel yang terkenal yakni nokia, samsung, dan sony ericsson. Yang saya ulas yakni desain, os, dan teknologinya. Pasti kalian mempunyai ponsel buatan salah satu vendor ini atau  bahkan mungkin ketiga-tiganya.



DESAIN



Nokia

Desain dari ponsel nokia sangat bermacam-macam dan sangat banyak dibandingkan vendor lain. Nokia selalu mengeluarkan desain barunya. Menurut saya desain dari Nokia yang terbaik ada pada ponsel nokia 
n9 dan nokia lumia 900.

Nokia N9            
Nokia Lumia 900



Sony Ericsson

Desain dari sony ericsson pun sangat khas seperti halnya dengan nokia terutama pada Seri Xperia

Sony Ericsson Xperia Arc



Samsung

Desain dari smartphone samsung pada umumnya tipis dan ringan. Tahukah kamu ? Apple pernah menggugat Samsung karena desain pada seri Galaxy meniru dengan iPhone yakni persegi panjang dengan keempat 
sudutnya membulat.




OS





Nokia

Nokia banyak mengeluarkan os pada smartphonenya. antara lain :
- s60
- maemo
- meego
- windows phone
- symbian anna
- nokia belle os
Sayang nokia tidak mau menggunakan os Android. Padahal kalau pake os Android pasti laris .Pengin tahu alasannya? Lihat postingan saya disini. Selain itu nokia berniat untuk membuat os baru pada ponsel low end nya yakni meltemi.

Sony Ericsson
Sony Ericsson telah menggunakan 3 os antara lain :
- Symbian UIQ
- Windows Mobile
- Android
Kini sony telah berpisah dengan ericsson. Karena saham ericsson telah dibeli. Ada isu yang membicarakan bahwa sony akan menggabungkan os vita pada smartphonenya. Kita tunggu saja apakah isu ini benar.

Samsung
Samsung telah menggunakan 5 os antara lain :
- symbian
- os bada
- windows mobile
- windows phone
- Android
Samsung pun berencana akan menggunakan os tizen pada smartphonenya.




TEKNOLOGI




Nokia

Nokia memiliki teknologi canggih yakni Nokia Clear Black Display sehingga smartphone yang menggunakan teknologi ini jika berada dibawah sinar matahari layarnya tetap akan terlihat jelas.

Salah satu ponsel nokia yakni Nokia pureview memiliki Resolusi kamera terbesar yakni 41 MP !! Selain itu ada teknologi lain yakni Carl Zeiss Optic yang tentunya ketika memotret akan menghasilkan gambar yang jernih tanpa noise.

Nokia Pureview , ponsel kamera 41 MP


Sony Ericsson

Layar pada beberapa smartphone sony Ericsson menggunakan teknologi LED backlit LCD. Sementara itu  pada Sony S Tablet menggunakan teknologi True Black Display. Bahkan ada yang menggunakan teknologi layar Transparan !!! Teknologi ini dimiliki pada Sony Ericsson Xperia Pureness. Sungguh ini benar benar sangat canggih yang ilmu-androidketahui.

Ada juga teknologi canggih buatan sony yaitu Floating Touch. Kita dapat mengendalikan layar hanya dengan 
menggerakan jari diatasnya.


Sony Ericsson Xperia Pureness


Samsung

Samsung menerapkan teknologi Super Amoled Plus pada beberapa layar smartphonenya.

Selain itu beberapa smartphone samsung memiliki processor yang besar bahkan ada yang sudah memiliki processor inti empat ( Quadcore ). Samsung pun dapat membuat chipset processor sendiri yang dinamai Exynos.

Superphone ( Sudah bukan lagi smartphone ) samsung  yakni Samsung Galaxy S3 memiliki beberapa teknologi canggih antara lain :
- S Voice
- Social Tag
- Smart Stay
- Direct Call
- Smart Alert
- S Beam

Samsung Galaxy S3
 

Memang ketiga vendor ini selalu berlomba-lomba dalam menerapkan teknologinya. Belum lagi iPhone dengan teknologi Retina Display dan SIRI nya.

Pertanyaan saya Blackberry yang banyak digunakan di indonesia MEMILIKI TEKNOLOGI APA ??

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...